Metode Pencarian (Heuristic Search) (Tugas 2 Softskill Pengenalan teknologi sistem cerdas )

Pencarian Heuristik (Heuristic Search)
•         Heuristik adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian, namum dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness).

•         Fungsi heuristik digunakan untuk mengevaluasi keadaan-keadaan problema individual dan menentukan seberapa jauh hal tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan solusi yang diinginkan.
(Generate and Test)
        Metode ini merupakan penggabungan antara depth-first search dengan pelacakan mundur (backtracking) , yaitu bergerak ke belakang menuju pada suatu keadaan awal.
Contoh : “Travelling Salesman Problem (TSP)”
•      Seorang salesman ingin mengunjungi n kota. Jarak antara tiap-tiap kota sudah diketahui. Kita ingin mengetahui ruter terpendek dimana setaip kota hanya boleh dikkunjungi tepat 1 kali. Misalkan ada 4 kota dengan jarak antara tiap-tiap kota seperti berikut ini :
Penyelesaian dengan metode Generate and Test

Alur pencarian dengan Generate and Test



Contoh :

Kasus 4 puzzle (kotak permainan)






b. Kasus 8 puzzle (kotak permainan)







c. Kasus Travelling Salesman Problem (TSP)













PENDAKIAN BUKIT
(Hill Climbing)
        Metode ini hampir sama dengan metode pembangkitan dan pengujian, hanya saja proses pengujian dilakukan dengan menggunakan fungsi heuristic. Pembangkitan keadaan berikutnya tergantung pada feedback dari prosedur pengetesan. Tes yang berupa fungsi heuristic ini akan menunjukkan seberapa baiknya nilai terkaan yang diambil terhadap keadaan-keadaan lain nya yang mungkin.
Contoh Penerapan Algoritma Simple Hill Climbing
Salah satu contoh dari penerapan Algoritma Simple Hill Climbing adalah Traveling Salesman Problem.

Disini ruang keadaan berisi semua kemungkinan lintasan yang mungkin. Operator digunakan untuk menukar posisi kota-kota yang bersebelahan. Fungsi heuristik yang digunakan adalah panjang lintasan yang terjadi.

Gambar Metode Simple Hill Clibing Dengan 6 Operator

Operator yang akan kita gunakan, adalah menukar urutan posisi 2 kota dalam suatu lintasan. Apabila ada n kota, dan kita ingin mencari kombinasi lintasan dengan menukar posisi urutan 2 kota, maka kita akan mendapatkan sebanyak :

Sehingga kalau ada 4 kota, kita bisa memperoleh :
kombinasi.



Keenam kombinasi ini akan kita pakai semuanya sebagai operator, yaitu:
  1. Tukar 1, 2 (menukar urutan posisi kota ke-1 dengan kota ke-2).
  2. Tukar 2, 3 (menukar urutan posisi kota ke-2 dengan kota ke-3).
  3. Tukar 3, 4 (menukar urutan posisi kota ke-3 dengan kota ke-4).
  4. Tukar 4, 1 (menukar urutan posisi kota ke-4 dengan kota ke-1).
  5. Tukar 2, 4 (menukar urutan posisi kota ke-2 dengan kota ke-4).
  6. Tukar 1, 3 (menukar urutan posisi kota ke-1 dengan kota ke-3).


Sumber:
karmila.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAPAT KALIAN TENTANG BUDAYA INDONESIA SAAT INI ?

perbedaan budaya dan ilmu budaya dasar

Software Maintenance